Minggu, 17 April 2011

Makna Bentuk Obat Yang Berbeda

detikcom - Jakarta, Ketika sedang sakit seseorang bisa mendapatkan obat dengan bentuk yang berbeda-beda. Variasi dari bentuk obat ini tidak hanya membuatnya menarik tapi memiliki makna tersendiri.
Segala jenis bentuk obat yang ada memiliki karakteristik dan tujuan tersendiri. Kondisi ini biasanya disesuaikan dengan zat aktif atau bahan yang terkandung di dalam obat tersebut.
Setiap jenis zat yang diformulasikan dalam obat memiliki kelarutan dan tempat penyerapan yang berbeda-beda, ada obat yang langsung masuk ke dalam pembuluh darah, larut di dalam usus atau lambung, serta tergantung dari efek yang ingin didapatkan.
"Perbedaan-perbedaan tersebut tidak hanya membuat obat-obatan terlihat menarik, tapi karena memang ada tujuannya," ujar Elsa-Grace V Giardina, MD seorang farmakologi klinis di Columbia University Medical Center, seperti dikutip dari Health.com , Rabu (13/4/2011).
Untuk itu ketahui perbedaan dari kapsul gel, tablet cepat larut dan juga tablet berlapis, yaitu:

Kapsul gel
Bentuk obat ini biasanya soft serta mengandung gelatin pada bagian kapsul yang berfungsi menahan cairan, bentuk obat ini bisa diserap lebih cepat dibandingkan dengan pil biasa. Kapsul gel bagus digunakan untuk orang yang mengalami kesulitan menelan obat, meskipun kadang bentuknya lebih besar karena harus menyesuaikan agar formulasinya tetap sama.
Tablet cepat larut
Tablet ini biasanya ditempatkan di bawah lidah lalu larut dan bahan yang terkandung di dalamnya akan memasuki aliran darah melalui selaput lendir di mulut. Obat ini berguna pada orang yang membutuhkan bantuan cepat karena penyerapannya lebih cepat dibandingkan dengan bentuk-bentuk lain. Tapi tidak banyak perusahaan yang bisa memproduksi obat ini karena sulit membuat rasanya tetap oke.
Tablet berlapis (coated tablets)
Lapisan halus pada tablet ini memudahkan seseorang dalam mengonsumsinya karena licin sehingga lebih mudah ditelan dan juga bisa menunda penyerapan. Dr Giardina mencontohkan aspirin yang dilapisi enteric membuatnya larut di dalam usus kecil dibanding lambung yang bisa menyebabkan iritasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar