ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ
(Khalifah Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang Pertama)
Nama dan Nasab Beliau Radhiallahu ‘Anhu
Nama Abu Bakar ash-Shiddiq yang sesungguhnya
adalah Abdullah bin Abu Quhafah – Usman - bin Amir bin Amru bin Ka’ab
bin Sa’ad bin Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ai bin Ghalib bin Fihr
al-Quraisy at-Taimi. Bertemu nasabnya dengan Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam
pada kakeknya Murrah bin Ka’ab bin Lu’ai, kakek yang keenam.
Dan ibunya adalah Ummu al-Khair binti Shakhr bin
Amir bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim. Ayahnya diberi kuniyah (sebutan panggilan)
Abu Quhafah.
Dan pada masa jahiliyyah Abu Bakar ash-Shiddiq
dijuluki Atiq, karena wajahnya yang cakep dan gagah (sebagaimana hal itu
dikatakan oleh Ibnu Ma’in, al-Laits bin Sa’ad dan juga oleh putrinya Aisyah
radhiallahu ‘anhum). Imam Thabari menyebutkan dari jalur Ibnu Luhai’ah bahwa
anak-anak dari Abu Quhafah tiga orang, pertama Atiq (Abu Bakar), kedua Mu’taq
dan ketiga Utaiq.
Mus’ab bin az-Zubair
berkata, ‘Segenap ummah telah ijma’ tentang gelar yang diberikan kepada beliau
radhiallahu ‘anhu dengan ‘Ash-Shiddiq’ adalah karena beliau selalu membenarkan
apa yang diberitakan oleh rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam’.
Kelahiran dan Pertumbuhan Beliau
Beliau dilahirkan dua tahun beberapa bulan
setelah lahirnya rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau tumbuh di kota Makkah, dan beliau tidak meninggalkan kota tempat tinggalnya
kecuali untuk tujuan berdagang. Beliau adalah penghulu suku Quraisy, dan ahlu
syura diantara mereka pada zaman jahiliyah.
Dan beliau juga terkenal
sebagai orang yang meninggalkan khomr pada masa jahiliyah, ketika beliau
ditanya :’Apaka engkau pernah meminum khomr dimasa jahiliyah ? beliau menjawab
: A’udzubillah (aku berlindung kepada Allah), kemudian beliau ditanya lagi,
‘Kenapa?’ , beliau menjawab : aku menjaga dan memelihara muru’ahku
(kehormatanku), apabila aku minum khomr maka hal itu akan menghilangkan
kehormatan dan muru’ahku. (lihat : Tarikh al-Khulafa’, hal: 32)
Karakter Fisik dan Akhlak Beliau
Abu Bakar adalah orang yang bertubuh kurus,
berkulit putih. ‘Aisyah menerangkan karakter bapaknya, “Beliau berkulit
putih, kurus, tipis kedua pelipisnya, kecil pinggangnya (sehingga kainnya
selalu turun dari pinggangnya), wajahnya selalu berkeringat, hitam warna
matanya, berkening lebar, tidak bisa bersaja’ dan selalu mewarnai jenggotnya
dengan innai maupun katam.”
Begitulah karakteristik
fisik beliau. Adapun akhlaknya, beliau terkenal dengan kebaikan, keberanian,
kokoh pendirian, selalu memiliki ide-ide yang cemerlang dalam keadaan genting,
banyak toleransi, penyabar, memiliki azimah (keinginan keras), faqih, paling
mengerti dengan garis keturunan Arab dan berita-berita mereka, sangat
bertawakal kepada Allah dan yakin dengan segala janji-Nya, bersifat wara’ dan
jauh dari segala syubhat, zuhud terhadap dunia, selalu mengharapkan apa-apa
yang lebih baik di sisi Allah, serta lembut dan ramah, semoga allah
meridhainya. Akan diterangkan setelah ini hal-hal yang membuktikan sifat-sifat
dan akhlaknya yang mulia ini.
Kisah Keislaman Beliau
Abu Bakar adalah lelaki yang pertama kali memeluk
Islam, walaupun Khadijah lebih dahulu masuk Islam daripada beliau, adapun dari
golongan anak-anak, Ali yang pertama kali masuk Islam, sementara Zaid bin
Haritsah adalah yang pertama kali memeluk Islam dari golongan budak.
Ternyata keislaman Abu Bakar paling banyak
membawa manfaat besar terhadap Islam dan kaum muslimin dibandingakn dengan
keislaman selainnya, karena kedudukannya yang tinggi dan semangat serta
kesungguhannya dalam berdakwah. Dengan keislamannya maka masuk mengikutinya
tokoh-tokoh besar yang masyhur seperti Abdurrahman bin Auf, Sa’ad bin Abi
Waqqas, Usman bin Affan, Zubair bin Awwam, dan Thalhah bin Ubaidillah
radhiyallahu anhum.
Di awal keislamannya beliau
menginfakkan di jalan Allah apa yang dimilikinya sebanyak 40.000 dirham, beliau
banyak memerdekakan budak-budak yang disiksa karena keislamannya di jalan
Allah, seperti Bilal radhiyallahu anhu. Beliau selalu mengiringi Rosulullah
shalallahu ‘alaihi wa sallam selama di Makkah, bahkan dia lah yang mengiringi
beliau ketika bersembunyi di dalam gua dalam perjalanan hijrah hingga sampai ke
kota Madinah.
Di samping itu beliau juga mengikuti seluruh peperangan yang diikuti
Rosulullahu shalallahu ‘alaihi wa sallam baik perang Badar, Uhud, Khandaq,
Penaklukan kota
Makkah, Hunain maupun peperangan di Tabuk.
Istri-Istri dan Anak-Anak Beliau
Abu Bakar pernah menikahi Qutailah binti Abd
al-Uzza bin Abd bin As’ad pada masa jahiliyyah dan dari pernikahan tersebut
lahirlah Abdullah dan Asma’.
Beliau juga menikah dengan Ummu Ruman binti Amir
bin Uwaimir bin Zuhal bin Dahman dari Kinanah, dari pernikahan tersebut
lahirlah Abdurrahman dan ‘Aisyah.
Beliau juga menikah dengan Asma’ binti Umais bin
ma’add bin Taim al-Khatts’amiyyah, dan sebelumnya Asma’ diperistri oleh Ja’far
bin Abi Thalib. Dari hasil pernikahannya ini lahirlah bin Abu Bakar, dan
kelahiran tersebut terjadi pada waktu haji Wada’ di Dzul Hulaifah.
Beliau juga menikah dengan Habibah binti Kharijah
bin Zaid bin Zuhair dari Bani al-Haris bin al-Khazraj.
Abu Bakar pernah singgah di
rumah Kharijah ketika beliau datang ke Madinah dan kemudian mempersunting
putrinya, dan beliau masih terus berdiam dengannya di suatu tempat yang disebut
dengan as-Sunuh hingga Rasullullah shalallahu ‘alaihi wa sallam wafat dan
beliau kemudian diangkat menjadi khalifah sepeninggal Rasulullah shalallahu
‘alihi wa sallam. Dari pernikahan tersebut lahirlah Ummu Khultsum setelah
wafatnya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam.
Abu Bakar Ash-Shiddiq Setelah
Menjadi Khalifah
1. Masa Kekhalifahan Beliau
Dalam riwayat al-Bukhari
diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu` anha, bahwa ketika Rasulullah wafat, Abu
Bakar datang dengan menunggang kuda dari rumah beliau yang berada di daerah
Sunh. Beliau turun dari hewan tunggangannya itu kemudian masuk ke masjid.
Beliau tidak mengajak seorang pun untuk berbicara sampai akhirnya masuk ke
dalam rumah Aisyah. Abu Bakar menyingkap wajah Rasulullah yang ditutupi dengan
kain kemudian mengecup keningnya. Abu Bakar pun menangis kemudian berkata :
“demi ayah dan ibuku sebagai tebusanmu, Allah tidak akan menghimpun dua
kematian pada dirimu. Adapun kematian yang telah ditetapkan pada dirimu,
berarti engkau memang sudah meninggal.”Kemudian Abu Bakar keluar dan Umar
sedang berbicara dihadapan orang-orang. Maka Abu Bakar berkata : “duduklah
wahai Umar!” Namun Umar enggan untuk duduk. Maka orang-orang menghampiri Abu
Bakar dan meninggalkan Umar. Abu Bakar berkata : “Amma bad`du, barang siapa
diantara kalian ada yang menyembah Muhammad, maka sesungguhnya Muhammad telah
mati. Kalau kalian menyembah Allah, maka sesungguhnya Allah Maha Hidup dan
tidak akan pernah mati. Allah telah berfirman :
“Muhammad itu tidak lain
hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul.
Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)
Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan
mudharat kepada Allah sedikitpun; dan Allah akan memberi balasan kepada
orang-orang yang bersyukur.” (QS Ali Imran : 144)
Ibnu Abbas radhiyallahu`
anhuma berkata : “demi Allah, seakan-akan orang-orang tidak mengetahui bahwa
Allah telah menurunkan ayat ini sampai Abu Bakar membacakannya. Maka semua
orang menerima ayat Al-Qur`an itu, tak seorangpun diantara mereka yang
mendengarnya melainkan melantunkannya.”
Sa`id bin Musayyab
rahimahullah berkata : bahwa Umar ketika itu berkata : “Demi Allah, sepertinya
aku baru mendengar ayat itu ketika dibaca oleh Abu Bakar, sampai-sampai aku tak
kuasa mengangkat kedua kakiku, hingga aku tertunduk ke tanah ketika aku
mendengar Abu Bakar membacanya. Kini aku sudah tahu bahwa nabi memang sudah
meninggal.”
Dalam riwayat al-Bukhari
lainnya, Umar berkata : “maka orang-orang menabahkan hati mereka sambil tetap
mengucurkan air mata. Lalu orang-orang Anshor berkumpul di sekitar Sa`ad bin
Ubadah yang berada di Saqifah Bani Sa`idah” mereka berkata : “Dari kalangan
kami (Anshor) ada pemimpin, demikian pula dari kalangan kalian!” maka Abu
Bakar, Umar dan Abu Ubaidah bin al-Jarroh mendekati mereka. Umar mulai bicara,
namun segera dihentikan Abu Bakar. Dalam hal ini Umar berkata : “Demi Allah,
yang kuinginkan sebenarnya hanyalah mengungkapkan hal yang menurutku sangat
bagus. Aku khawatir Abu Bakar tidak menyampaikannya” Kemudian Abu Bakar bicara,
ternyata dia orang yang terfasih dalam ucapannya, beliau berkata : “Kami adalah
pemimpin, sedangkan kalian adalah para menteri.” Habbab bin al-Mundzir
menanggapi : “Tidak, demi Allah kami tidak akan melakukannya, dari kami ada pemimpin
dan dari kalian juga ada pemimpin.” Abu Bakar menjawab : “Tidak, kami adalah
pemimpin, sedangkan kalian adalah para menteri. Mereka (kaum Muhajirin) adalah
suku Arab yang paling adil, yang paling mulia dan paling baik nasabnya. Maka
baiatlah Umar atau Abu Ubaidah bin al-Jarroh.”Maka Umar menyela : “Bahkan kami
akan membai`atmu. Engkau adalah sayyid kami, orang yang terbaik diantara kami
dan paling dicintai Rasulullah.” Umar lalu memegang tangan Abu Bakar dan
membai`atnya yang kemudian diikuti oleh orang banyak. Lalu ada seorang yang
berkata : “kalian telah membunuh (hak khalifah) Sa`ad (bin Ubadah).” Maka Umar
berkata : “Allah yang telah membunuhnya.” (Riwayat Bukhari)
Menurut `ulama ahli sejarah,
Abu Bakar menerima jasa memerah susu kambing untuk penduduk desa. Ketika beliau
telah dibai`at menjadi khalifah, ada seorang wanita desa berkata : “sekarang
Abu Bakar tidak akan lagi memerahkan susu kambing kami.” Perkataan itu didengar
oleh Abu Bakar sehingga dia berkata : “tidak, bahkan aku akan tetap menerima
jasa memerah susu kambing kalian. Sesungguhnya aku berharap dengan jabatan yang
telah aku sandang sekarang ini sama sekali tidak merubah kebiasaanku di masa
silam.” Terbukti, Abu Bakar tetap memerahkan susu kambing-kambing mereka.
Ketika Abu Bakar diangkat
sebagai khalifah, beliau memerintahkan Umar untuk mengurusi urusan haji kaum
muslimin. Barulah pada tahun berikutnya Abu Bakar menunaikan haji. Sedangkan
untuk ibadah umroh, beliau lakukan pada bulan Rajab tahun 12 H. beliau memasuki
kota Makkah
sekitar waktu dhuha dan langsung menuju rumahnya. Beliau ditemani oleh beberapa
orang pemuda yang sedang berbincang-bincang dengannya. Lalu dikatakan kepada
Abu Quhafah (Ayahnya Abu Bakar) : “ini putramu (telah datang)!”
Maka Abu Quhafah berdiri dari
tempatnya. Abu Bakar bergegas menyuruh untanya untuk bersimpuh. Beliau turun
dari untanya ketika unta itu belum sempat bersimpuh dengan sempurna sambil
berkata : “wahai ayahku, janganlah anda berdiri!” Lalu Abu Bakar memeluk Abu
Quhafah dan mengecup keningnya. Tentu saja Abu Quhafah menangis sebagai luapan
rasa bahagia dengan kedatangan putranya tersebut.
Setelah itu datanglah beberapa tokoh kota Makkah seperti Attab
bin Usaid, Suhail bin Amru, Ikrimah bin Abi Jahal, dan al-Harits bin Hisyam.
Mereka semua mengucapkan salam kepada Abu Bakar : “Assalamu`alaika wahai
khalifah Rasulullah!” mereka semua menjabat tangan Abu Bakar. Lalu Abu Quhafah
berkata : “wahai Atiq (julukan Abu Bakar), mereka itu adalah orang-orang (yang
baik). Oleh karena itu, jalinlah persahabatan yang baik dengan mereka!” Abu
Bakar berkata : “Wahai ayahku, tidak ada daya dan upaya kecuali hanya dengan
pertolongan Allah. Aku telah diberi beban yang sangat berat, tentu saja aku
tidak akan memiliki kekuatan untuk menanggungnya kecuali hanya dengan pertolongan
Allah.” Lalu Abu Bakar berkata : “Apakah ada orang yang akan mengadukan sebuah
perbuatan dzalim?” Ternyata tidak ada seorangpun yang datang kepada Abu Bakar
untuk melapor sebuah kedzaliman. Semua orang malah menyanjung pemimpin mereka
tersebut.
2. Wafat Beliau
Menurut para `ulama ahli sejarah Abu Bakar meninggal
dunia pada malam selasa, tepatnya antara waktu maghrib dan isya pada tanggal 8
Jumadil awal 13 H. Usia beliau ketika meninggal dunia adalah 63 tahun. Beliau
berwasiat agar jenazahnya dimandikan oleh Asma` binti Umais, istri beliau.
Kemudian beliau dimakamkan di samping makam Rasulullah. Umar mensholati
jenazahnya diantara makam Nabi dan mimbar (ar-Raudhah) . Sedangkan yang turun
langsung ke dalam liang lahat adalah putranya yang bernama Abdurrahman (bin Abi
Bakar), Umar, Utsman, dan Thalhah bin Ubaidillah.
3. Beberapa Keutamaan Beliau
Keutamaan Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu anhu
sangat banyak sekali dan telah dimuat dalam kitab-kitab sunnah, kitab tarajim
(biografi para tokoh), maupun kitab-kitab tarikh, namun disni akan dinukilkan
sebagian apa yang telah di ringkas oleh Doktor Muhammad as-Sayyid al-Wakil
dalam kitabnya “Jaulah Tarikhiyah fi ‘asri al-khulafa’ ar-Rasyidin”, dan
beberapa kitab lainnya, diantaranya adalah :
o Para Ulama Ahlus Sunnah telah ijma’ bahwa manusia termulia
setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq,
kemudian Umar bin Khaththab, kemudian utsman bin Affan, kemudian ‘Ali bin Abi
Thalib, kemudian sepuluh orang sahabat yang di khabarkan masuk surga, kemudian
seluruh sahabat yang mengikuti perang Badar (ahlu badar), kemudian para sahabat
yang mengikuti perang Uhud, kemudian para sahabat yang mengikuti Ba’iat Ridwan
(ahlu bai’at), kemudian sahabat-sahabat lainnya yang tidak termasuk sebelumnya.
- Imam al-Bukhari meriwayatka dari Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma, beliau berkata, ‘Kami memilih orang-orang di masa nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, maka kami memilih Abu Bakar kemudian Umar, kemudian Utsman’. Dan Imam Ath-Thabari menambahkan di kitabnya ‘Al-Kabir’ maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengetahui hal itu dan berkata : “Tidaklah seorang nabi pun kecuali ia memiliki dua wazir (pendamping) dari penduduk langit dan dua wazir dari penduduk bumi, adapun pendampingku dari penduduk langit adalah malaikat Jibril dan Mika’il, sedangkan pendampingku dari penduduk bumi adalah Abu Bakar dan Umar”.
- Dan Abu Ya’la menluarkan dari ‘Ammar bin Yasir radhiallahu ‘anhu, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “ Jibril baru saja datang kepadaku, maka aku berkata : wahai Jibril khabarkan kepada saya tentang keutamaan Umar bin Khaththab, ia (Jibril) menjawab, ‘kalaulah aku berbicara tentang keutamaan Umar selama – lamanya Nabi Nuh tinggal bersama kaumnya – niscaya aku belum selesai dari membicarakan keutamaan Umar, dan sesungguhnya keutamaan-keutamaan yang dimiliki Umar hanyalah satu hasanah (kebaikan) dari kebaikan-kebaikan yang dimiliki Abu Bakar”.
- Beliau Adalah Sahabat Yang Menemani Rasulullahu ‘alaihi wa sallam di Gua ketika Hijrah. Allah berfirman dalam surat at-Taubah ayat 40 yang artinya, “Jikalau tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Makkah) mengeluarkannya (dari Makkah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada di dalam gua , diwaktu dia berkata kepada temannya, janganlah berduka cita, sesungguhnya Allah bersama kita.”(at-Taubah: 40). ‘Aisyah, Abu Sa’id dan Ibnu Abbas dalam menafsirkan ayat ini mengatakan , “Abu Bakarlah yang mengiringi Nabi dalam gua tersebut.”
- Diriwayatkan dari al-Barra’ bin Azib, ia berkata, “Suatu ketika Abu Bakar pernah membeli seekor tunggangan dari Azib dengan harga 10 dirham, maka Abu Bakar berkata kepada ‘Azib, Suruhlah anakmu si Barra agar mangantarkan hewan tersebut.” Maka ‘Azib berkata, “Tidak, hingga engkau menceritakan perjalananmu bersama Rosulullah ketka keluar dari Makkah sementara orang-orang musyrikin sibuk mencari-cari kalian.”
- Abu Bakar berkata, “Kami berangkat dari Makkah, berjalan sepanjang siang dan malam hingga datang waktu dhuhur, maka aku mencari-cari tempat bernaung agar kami dapat istirahat di bawahnya, ternyata aku melihat ada batu besar, maka segera kudatangi dan terlihat di situ ada naungannya, maka kubentangkan tikar untuk Nabi shalallahu ‘alihi wa sallam, kemudian aku katakan kepadanya,”Istirahatlah wahai Nabi Allah.” Maka beliaupun beristirahat, sementara aku memantau daerah sekitarku, apakah ada orang-orang yang mencari kami datang mengintai. Tiba-tiba aku melihat ada seorang penggembala kambing sedang mengiring kambingnya kebawah teduhan di bawah batu tersebut ingin berteduh seperti kami, maka aku bertanya padanya, ”Siapa tuanmu wahai budak?” Dia menjawab, “Budak milik si Fulan, seseorang dari suku Quraisy.” Dia menyebut nama tuannya dan aku mengenalnya kemudian kutanyakan, “Apakah kambingmu memiliki susu?” Dia menjawab , “Ya” lantas kukatakan, “Maukah engkau memeras untuk kami?” Dia menjawab, “Ya” Maka dia mengambil salah satu dari kambing-kambing tersebut, setelah itu kuperintahkan dia agar membersihkan susu kambing tersebut terlebih dahulu dari kotoran dan debu, maka dia menepuk kedua telapak tangannya dan dia mulai memeras susu, sementara aku telah mempersiapkan wadah yang di mulutnya dibalut kain menampung susu tersebut, maka segera kutuangkan susu yang telah diperas itu ke tempat tersebut dan kutunggu hingga bawahnya dingin, lalu kubawakan kehadapan Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam dan ternyata beliau sudah bangun, segera kukatakan padanya, “Minumlah wahai Rasulullah.” Maka beliau mulai minum hingga kulihat beliau telah kenyang, setelah itu kukatakan padanya, “Bukankah kita akan segera kembali ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Ya!” akhirnya kami melanjutkan perjalanan sementara orang-orang musyrik terus menerus mencari kami, tidak satupun yang dapat menyusul kami kecuali Suraqah bin Malik bin Ju’syam yang mengendarai kudanya, maka kukatakan pada Rasulullah, “Orang ini telah berhasil mengejar kita wahai Rasulullah,” namun beliau menjawab, “Jangan khawatir, sesungguhnya Allah bersama kita.”
Sumber :
www.alsofwah.or.idLihat : Tarikh al-Khulafa’, Jaulah Tarikhiyah fi ‘Asri al-Khulafa’ ar-Rasyidin karya DR. Muhammad as-Sayyid al-Wakil, Al-Bidayah wan Nihayah, Masa Khulafa’ur Rasyidin Tartib wa Tahdzib Kitab al-Bidayah wan Nihayah karya Ibnu Katsir. - Shifatush-Shofwah karya Ibnul Jauzi. Dan lainnya
Pribadi yang dirindukan setiap zaman
BalasHapus